photo landscape keren

Apa Itu Foto Landscape?

Belajar membuat foto landscape yang keren

JagoFoto – Sebelumnya, saya ingin memberitahukan bahwa saya tidak menggunakan buku fotografi untuk membuat artikel ini. Ini hanya sharing pendapat saya saja, jadi kalau mungkin anda lebih tahu mengenai foto landscape silahkan komentar pada di bawah. Mari sama-sama belajar.

Jadi apa sih foto landscape itu? Mengapa foto landscape bisa terlihat begitu indah? Dan bagaimana settingan foto landscape yang baik saat di lapangan?

Foto landscape atau pemandangan hanya istilah saja

photo landscape keren

Di Indonesia, dulu waktu fotografi belum seramai sekarang. Orang yang hanya memegang kamera yang bisa disebut fotografer. Sedangkan orang yang hanya melihat foto landscape menyebutnya dengan foto pemandangan.

Tetapi sekarang seiring perkembangan jaman. Kita menyerap dari bahasa asing, sehingga terlihat lebih keren ketika menyebutnya dengan foto landscape. Padahal sama saja maksudnya dengan foto pemandangan.

Tidak usah ambil pusing dengan dua istilah tersebut. Kalau saya sebut foto pemandangan sama saja dengan foto landscape. Lanjut pembahasan.

Pernahkah anda datang ke satu tempat yang indah sendirian? Di sana anda melihat betapa indahnya pemandangan alam saat itu. Nah, itu adalah bagian dari foto landscape.

apa-itu-foto-landscape

Foto landscape itu tentang bagaimana cara fotografer menghidupkan suatu tempat.

Fotografer membuat orang yang melihat sebuah foto landscape merasa seperti berada di sana. Ada emosi yang membuat orang merasakan tempat tersebut. Pernahkah anda merasa demikian?

Objek foto landscape

objek foto landscape

Berbicara mengenai objek, ini erat kaitannya dengan komposisi foto.

Era modern hari ini orang bisa membuat foto landscape bukan hanya dari pemandangan alam, hutan, pegunungan, sungai, pantai, laut. Tapi kita bisa membuatnya dari perkotaan/urban, arsitektur.

Jaman sekarang, kita jangan selalu terpaku lagi harus ke luar kota, harus ke tempat yang hijau supaya fotonya terlihat sangat landscape. Tidak demikian sob.

Foto yang membuat orang juga merasakan tempat tersebut itulah foto landscape.

Foto landscape bukan hanya objek yang indah yang menjadikan orang ingin terus ke sana. Foto landscape itu mengenai bagaimana si fotografer menangkap moment alam di sekitarnya.

Contohnya kita pergi ke satu dermaga yang ada di sekitar tempat anda tinggal, di sana anda melihat pemandangan sunset yang sangat indah. Maka anda fotolah dermaga itu. That’s it, anda sudah membuat foto landscape. Tidak perlu jauh-jauh harus ke luar kota, ke tempat yang sudah umum dibilang orang untuk membuat foto landscape.

apa-itu-foto-landscape sunset-dermaga

Kalau anda mampu mengkomposisikan sebuah foto objek foto dengan baik maka selangkah anda sudah bisa membuat foto landscape.

Lihat tips objek foto ala Natgeo

Aturan membuat foto landscape

aturan foto landscape keren

Nah, mungkin ada yang bertanya-tanya bagaimana aturan membuat foto landscape.

Jawabannya adalah tidak ada. Tidak ada aturan yang membuat fotografer susah dalam menciptakan foto landscape. Membuat foto landscape bisa kapan saja, pagi, siang, sore, malam.

Dalam hal komposisi foto, selama pemandangan itu bagus dilihat oleh si fotografer. Fotografer hanya perlu tahu kapan mengambil foto tersebut, dan bagaimana mengkomposisikan objek yang ada di depan mata. Sehingga nanti orang yang melihat fotonya akan terkesan.

Hal yang perlu diperhatikan dalam membuat foto landscape

Cahaya

cahaya dalam foto landscape keren

Arah jatuh cahaya akan mempengaruhi dimensi pada sebuah foto.

Waktu

waktu foto landscape

Fotografer harus tahu kapan waktu yang tepat untuk mengambil foto di satu tempat. Tahu kan kalau fotografer landscape itu rajin bangun pagi loh. Hanya karena ingin mengambil moment matahari terbit yang durasinya hanya 15 menit.

Moment

Fotografer harus jeli melihat objek yang menarik untuk dibuat menjadi foto landscape. Anda harus merasakan tempat tersebut lalu buat orang juga merasa berada di tempat tersebut.

Komposisi foto landscape

photo landscape keren

Untuk menunjang terciptanya foto yang menarik ikuti aturan dasar komposisi foto dulu. Pada umumnya membuat foto landscape paling mudah dengan membuat komposisi rule of third.

Tetapi bisa diimprove dengan menggunakan komposisi fotografi apa saja seperti dead center, diagonal, simetry, leading lines, dan sebagainya.

Teknik foto landscape

long exposure landscape

Dalam membuat foto landscape kita bisa memakai banyak teknik foto, seperti teknik slow speed yang biasa digunakan untuk menangkap gerakan / motion air, dan teknik foto long exposure untuk membuat gerakan air menjadi terlihat lembut seperti kapas, dan beberapa teknik foto yang lain.

Settingan foto Landscape

settingan foto landscape pada kamera

Dalam membuat foto landscape, settingan kamera dalam setiap kondisi pemotretan bisa berbeda-beda.

Jika anda memotret di pagi hari, maka bisa jadi akan beda settingannya saat memotret sore hari, atau siang hari. atau saat blue hour.

Banyak tutorial di Youtube, tetapi kita tidak bisa mencontek settingan foto landscape orang di barat secara mentah-mentah, karena kita berada di negara tropis yang mana kelembaban udaranya tinggi.

Selain itu yang saya lihat adalah warna. Warna foto-foto landscape orang luar biasanya jernih. Itu bukan faktor lensa yang bagus yang digunakan, tetapi bisa jadi karena lensanya yang digunakan cocok dengan suhu udaranya.

Tahukah anda bahwa ada lensa yang jika dipakai di Indonesia, warna foto akan jadi kuning lebih kuning (misalnya). Saya pernah menggunakan lensa seperti itu. Lensa manual yang berasal dari Jerman, yang mana negaranya dingin. Jika suhu dingin, maka warna foto cenderung kebiruan, nah lensa tersebut dibuat karakternya agak kekuningan. Sehingga warna foto akan jadi lebih normal. Namun ketika digunakan di Indonesia yang mana suhu udaranya panas, ditambah lagi lensa yang kuning tadi, pasti hasil foto akan kekuningan jadinya.

Ada cara supaya settingan warna foto landscape lebih natural, yaitu dengan mempelajari white balance.

Saya biasanya memulai dengan settingan white balance kamera landscape saya pada posisi Kelvin 5000.

Kemudian wb nya saya sesuaikan lagi jika terlalu biru atau terlalu kuning.

Masalah biasa timbul ketika menggunakan filter. Seperti saat melakukan foto long exposure. Filter ND yang kurang baik akan membuat warna foto jadi kacau.

Maka dengan memahami penggunaan white balance kamera dslr atau mirrorless kita akan mendapatkan foto landscape yang bagus.

Akhir kata

Saya suka mengambil foto landscape. Meskipun harus bangun pagi, merasa mengantuk di perjalanan. Tidak apalah, kalau sudah hobi orang bisa rela melakukan apa saja demi membuat hal yang lebih baik.

Peralatan kamera selalu siap sedia. Kemana-mana bawa tripod yang selalu disimpan di dalam mobil. Sehingga kalau kebetulan lewat di satu tempat yang menarik bisa langsung tancap dan pakai saja.

Sederhananya landscape itu sama halnya ketika memotret orang. Goal kita adalah memperlihatkan apa dan bagaimana kondisi tempat tersebut kepada orang lain melalui karya fotografi.

Pada foto landscape bagaimana kita membawa orang merasa berada di tempat itu pada saat kita memotret di tempat itu dulu.


Leave a Comment