Saturasi Foto Adalah

Jagofoto – Berbicara tentang fotografi, kita selalu diperlihatkan dengan beberapa urusan teknis dalam fotografi. Salah satunya adalah saturasi foto.

Saturasi foto adalah sebuah nilai yang diberikan pada setiap warna yang muncul pada foto. Semakin tinggi nilai yang diberikan pada saturasi foto maka warna yang akan dihasilkan akan menjadi lebih “menyala”.

jagofoto.com

Itu istilah yang saya pahami.

Jika anda pernah membuka photoshop, tool ini biasa disandingkan dengan opsi Vibrance dan Hue.

Vibrance adalah nilai warna yang diberikan pada area tertentu saja, bukan secara global seperti saturasi.

Sedangkan HUE, merupakan nilai untuk mengubah saturasi, misalnya warna merah bisa diubah menjadi warna orange, hijau, biru, dan lain sebagainya. Selama warna itu masih bisa diubah semaksimal mungkin.

Semakin tinggi saturasi foto yang diberikan, istilahnya adalah over saturasi, sedangkan jika foto saturasinya kurang maka istilahnya low saturasi/saturation/lowsat.

Foto yang memiliki saturasi tinggi cenderung membuat mata sakit.

Coba bandingkan foto-foto di bawah. Mana yang kira-kira membuat mata anda nyaman melihatnya.

saturasi foto adalah
foto over saturasi dan foto saturasi normal

Pada foto di atas bisa dilihat betapa warna foto yang dihasilkan membuat mata jadi sakit. Bahkan bisa dibilang norak lah ya.

Penyebab foto over saturasi

Saturasi foto bisa disebabkan oleh karena settingan kamera dan cara edit kita yang tidak terkontrol.

Selain itu monitor yang digunakan juga harus bagus, supaya didapatkan hasil foto yang benar-benar baik.

Karena jika anda mengedit menggunakan monitor yang kurang bagus, maka bisa saja anda melihatnya sudah normal, tetapi ketika dibuka di device lain, warnanya malah jadi over saturated.

Sebelum anda memotret, cobalah lihat dulu kondisi objek yang ingin difoto, apakah objek tersebut memiliki saturasi yang tinggi atau tidak.

Maksud saya adalah anda bisa melihat pakaian yang digunakan orang yang ingin anda foto.

Jika pakaiannya terlalu ngejreng, maka silahkan setting di kamera anda dengan menurunkan saturasinya step by step sampai didapatkan contoh foto yang normal dan tidak sakit mata.

Atau saat anda memotret landscape sunset, silahkan lihat area sekitar misalnya area langit di sekitar matahari terlalu saturasi atau kurang saturasinya.

Maka anda sesuaikan di kamera anda dulu.

Cara setting saturasi foto di kamera DSLR dan Mirrorless

  1. Masuk ke bagian setting
  2. Pilih picture style yang diinginkan misalnya standart, potrait, natural, vivid, lanscape dan lain-lain.
  3. Lebih detail tentang picture style tersebut silahkan turunkan atau naikkan settingan saturasinya. Biasanya kan terdapat pilihan brigness, contrast dan saturation, nah pilih saturation.
  4. Lakukan beberapa shot sambil melihat hasilnya di kamera anda sampai didapat saturasi foto yang pas

Untuk memudahkan anda dalam editing foto nantinya, silahkan gunakan file RAW dengan begitu anda akan lebih mudah mengatur saturasi warna yang pas melalui komputer.

Cara edit saturasi foto yang pas dengan Photoshop

Pada artikel sebelumnya saya sudah menulis tentang cara meningkatkan saturasi foto yang baik dengan selective color.

Saya menyarankan anda untuk melakukan cara yang sama untuk anda yang ingin mendapatkan hasil foto dengan saturasi tinggi tanpa harus membuat foto jadi over saturated.

Selain itu anda juga bisa mengedit secara manual dengan masuk ke pilihan Image > adjusment > Vibrance dan Hue/Saturation.

Saran saya mainkan Vibrance saja dulu, karena vibrance akan menaikkan area warna di sekitarnya saja, bukan secara global seperti saturation.

jagofoto.com

Akhir kata

Menurut saya saturasi ini kembali lagi ke selera masing-masing.

Ada orang yang suka melihat foto dengan saturasi tinggi, ada juga yang matanya sakit kalau melihat foto yang demikian.

Saya dulu juga kalau edit foto sering sekali edit foto dengan saturasi yang tinggi. Main geser slider saja, kalau dilihat sekarang ampun deh. Malu sendiri.

Silahkan kenali karakter / style edit anda, apakah sering over saturasi atau tidak. Dengan demikian anda bisa meningkatkan skil edit foto anda

Demikian artikel tentang saturasi foto. Semoga bermanfaat.


Leave a Comment