chromatic aberration foto

Apa itu Chromatic Aberration atau CA Pada Fotografi

Jagofoto – Chromatic aberration (CA) adalah distorsi warna yang tidak diinginkan yang terkadang Anda perhatikan pada bagian tepi foto Anda.

CA terjadi karena warna cahaya memiliki panjang gelombang yang berbeda, yang berarti lensa kamera Anda membiaskannya sedikit berbeda.

Chromatic aberration atau biasa disebut dengan CA terjadi karena kualitas lensa yang kurang bagus dalam merekam cahaya.

Hasilnya pada pinggiran atau tepi objek yang difoto biasanya muncul efek berwarna, seperti ungu, atau merah, atau hijau.

chromatic aberration foto
sepintas tidak kelihatan tetapi ketika foto diperbesar maka akan terdapat garis berwarna biru, merah, hijau di pinggir objek

Cara mengatasi efek Chromatic Aberration saat memotret

Saat memotret mungkin anda tidak melihat efek CA sampai anda membukanya di layar monitor.

Maka dari itu pada saat memotret gunakan beberapa trik berikut yang bisa mengurangi Chromatic Abberation, di antaranya :

  1. Gunakan aperture / bukaan lensa yang sempit. Misalnya anda menggunakan F/1.4, dan mendapatkan CA di pinggir objek, maka coba gunakan F/2.8 atau 5.6 saja.
  2. Lensa vario / lensa zoom yang terlalu panjang bisa membuat CA pada foto diakibatkan element di dalam lensa yang terlalu banyak.
  3. Gunakan lensa yang berkualitas tinggi.

Cara mengatasi Chromatic Aberration foto dengan Photoshop

Dalam video ini dari Jimmy McIntyre, kita belajar cara mudah untuk meminimalkan keberadaan penyimpangan kromatik.

cara mudah menghilangkan chromatic aberration pada foto dengan photoshop

Tidak ada penyesuaian yang tepat untuk penataan warna dalam metode ini;

Sebaliknya, ia hanya menggandakan foto, menggunakan gaussian blur dengan radius 20 piksel (yang harus Anda sesuaikan tergantung pada ukuran foto Anda), dan kemudian mengatur blending mode blurry layer ke ‘color.’

Hal ini menghilangkan CA pada foto tetapi efeknya secara global, jadi langkah selanjutnya adalah membuat layer mask sehingga Anda dapat mengontrol di mana Anda ingin efek diterapkan.

Akhir kata

Semoga artikel ini membantu anda untuk mengatasi Chromatic aberration pada foto anda.


Leave a Comment