Tips dan Teknik Fotografi Model yang Keren

Inilah tips dan trik memotret foto model keren

Jago Foto – Tidak biasanya pelabuhan Paotere di Makassar ramai. Kalau biasanya pelabuhan ini ramai karena aktivitas angkutan bongkar muat barang yang naik turun ke kapal. Kali ini pelabuhan ramai dengan aktivitas para fotografer.

Sebuah event fotografi sedang diadakan di sana. Ada puluhan orang mayoritas laki-laki sedang memegang kamera di tangannya. Mereka sedang asyik memotret mba model yang sedang berpose di sekitaran kapal yang sedang bersandar.

rahasia trik fotografi untuk membuat foto model lebih keren

Inilah event fotografi yang diadakan oleh komunitas fotografi Lensa Manual Makassar, yang akrab disebut dengan “LEMAK“.

Sedikit perkenalan tentang lemak

Lemak adalah salah satu komunitas fotografi yang berada di kota Makassar.

Terbentuk pada tahun 2011, para anggota yang tergabung di sana mayoritas menggunakan lensa manual sebagai gear kameranya.

Lensa manual Makassar sendiri merupakan regional, sedangkan pusatnya berada di Jakarta.

Lanjut…

registrasi event LEMAK

Inilah trik fotografi untuk membuat foto model lebih keren

rahasia trik fotografi untuk membuat foto model lebih keren

Konsep yang dibuat oleh teman-teman lemak adalah konsep foto model dengan cerita pelaut, bajak laut, dan ada kesan beauty juga (Pirates and Sailor).

Konsep ini dibuat secara matang, semua tim yang tergabung dalam lemak bekerja aktif dan profesional untuk menjadikan event ini berjalan lancar.

Selama memotret, fotografer yang sedang asyik memotret kadang berhenti untuk mereview gambar yang diambilnya. Di situ mereka kadang saling bertanya bagaimana sebaiknya menghasilkan foto yang bagus untuk konsep foto model ini.

Meskipun tidak semua handal dalam memotret, mereka yang bersedia membagikan ilmunya tidak pelit untuk membagikan trik fotografi yang dimilikinya.

Ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan untuk memotret model. Seperti ekspresi, pose yang termasuk gestur dan gerak si model, pencahayaan yang digunakan dan pemilihan tempat yang pas untuk model. Untuk menghasilkan foto model yang bagus seorang model harus pandai dalam mendapatkan berpose.

Peran seorang fotografer model dalam modelling photography

rahasia trik fotografi untuk membuat foto model lebih keren

Untuk mendapatkan hasil foto yang sesuai dengan keinginan, fotografer harus pandai berkomunikasi dengan model.

Jangan jadikan model itu tidak dipedulikan sama sekali. Seorang fotografer yang baik sebaiknya mengajak untuk berbicara, memberikan sedikit candaan ketika memotret, sebab ini akan mempengaruhi mood modelnya.

Ekspresi yang sesuai konsep yang dibuat pun akan tercapai.

Memang tidak mudah untuk membuat foto model dalam sekali jepret. Butuh kesabaran untuk mendapatkan foto sesuai keinginan. Maka dari itu seorang fotografer sebaiknya memiliki ikatan emosi dengan model yang difotonya.

rahasia trik fotografi untuk membuat foto model lebih keren

Fotografer adalah mereka yang mampu memaksimalkan apa yang dilihatnya. Maksud saya adalah bagaimana anda menandai dan memperhatikan dari sudut mana anda sebaiknya mengambil gambar model itu.

Kalau perlu tanyakan ke modelnya dari sudut mana biasanya dia terlihat bagus? Apakah dari sisi kiri atau kanan. Ini tidak masalah sama sekali.

Dalam memotret model, pemilihan lokasi sangat penting. Untuk memaksimalkan konsep yang dibuat, lokasi yang dipilh sebaiknya sesuai dengan pakaian yang dipakai oleh model.

rahasia trik fotografi untuk membuat foto model lebih keren

Seperti kali ini, modelnya memakai kostum ala bajak laut, maka dia akan naik ke atas kapal lalu kemudian berpose layaknya seorang bajak laut yang mengitai kapal sasarannya.

Kemudian dalam foto modelling, pencahayaan sangatlah penting. Tempatkan model pada posisi yang pas.

Jika pencahayaan mencukupi untuk memotret wajah model, maka silahkan difoto, namun kadang cahaya yang didapatkan kurang mantap.

Maka dari itu, biasanya digunakan bantuan cahaya seperti reflektor atau flash external dengan berbagai modifier.

Tips memaksimalkan foto model

rahasia trik fotografi untuk membuat foto model lebih keren

Untuk mendapatkan hasil foto yang keren, fotografer harus memiliki ide di dalam pikirannya. Ide itu berupa gambaran tentang bagaimana selanjutnya foto yang akan dibuat.

Seperti kata pak Darwis Triadi, bahwa fotografer itu harus selangkah lebih maju, artinya ketika sedang memotret di pikirannya haruslah sudah memikirkan foto apa selanjutnya yang akan dibuatnya.

Dengan memanfaatkan area pelabuhan ini beberapa area atau lokasi foto yang menarik bisa dijadikan spot foto.

Seorang fotografer harus pandai dalam memposisikan modelnya untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Kalau perlu, jika memang modelnya belum mampu berpose dengan baik coba peragakan pose yang anda inginkan di hadapannya.

Selain itu dalam membuat sebuah konsep foto model yang menarik, kostum dan makeup model haruslah juga bagus.

Pemilihan lokasi dan waktu memotret juga tidak kalah pentingnya. Jika memotret di luar ruangan, pilihlah pemotretan berada sekitar pukul 6 sampai jam 9 pagi, dan pukul 4 sampai jam 6 sore. Jika memotret di luar waktu itu, lebih baik memotret di dalam ruangan / studio saja.

rahasia trik fotografi untuk membuat foto model lebih keren

Seperti konsep foto kali ini, waktu yang dipilih adalah pada pukul 4 sampai jam 5:30 saja. Cuaca juga sangat mendukung, cahaya agak flat karena awan sedang mendung, tetapi tetap bagus kok. Banyak fotografer mendapatkan hasil foto yang bagus-bagus.

Baca juga :: Manfaat hunting foto bareng

Akhir kata

rahasia trik fotografi untuk membuat foto model lebih keren

Sepertinya waktu memotret sudah selesai, setelah melakukan foto bersama, fotografer pun berpamitan pulang ke rumah masing-masing dengan membawa file foto yang dibuatnya. Pengalaman dalam mengelola satu konsep foto menjadi pelajaran bagi teman-teman Lensa Manual Makassar.

Demikianlah tips rahasia untuk membuat foto model lebih keren. Hal yang paling penting untuk dapat menghasilkan foto yang lebih menarik adalah dengan menguasai teknik fotografi dasar seperti komposisi, pencahayaan, angle, pose dan ekspresi model.

Jika trik di atas masih kurang silahkan anda tambahkan pada kolom komentar di bawah ini.

Baca juga :: Tips foto menggunakan lensa 50mm

Semoga artikel ini bermanfaat.

Tips dan Teknik Fotografi Model yang Keren

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *