Tips Memotret Objek yang Sedang Bergerak

Tips Memotret Objek yang Sedang Bergerak

Tips dan cara memotret orang atau kendaraan yang sedang bergerak

Jago foto – Jika kita sedang jalan-jalan. Entah itu di luar kota, atau di sekitar rumah sendiri, kadang banyak hal-hal menarik dan unik di sekitar. Di saat itu juga kita dibuat ingin memotretnya.

Misalnya aktivitas orang yang sedang lari pagi atau jogging, atau memotret orang yang sedang bonceng 3 tanpa menggunakan helm. Hal unik seperti itu yang biasa bikin tangan ingin memencet shutter. Kali saja berhasil menangkap moment yang unik.

tips memotret benda bergerak

Nah pada artikel ini saya ingin memberikan sedikit tips dan trik untuk membuat foto keren dari objek yang sedang bergerak.

Memotret objek bergerak itu tidak mudah, namun juga tidak susah. Hanya saja kita perlu memperhatikan beberapa hal. Supaya hasilnya terlihat lebih keren baik secara estetika maupun secara logika.

Aturan memotret objek bergerak

1. Carilah posisi yang bagus

mencari posisi yang bagus

Lihat di sekeliling, dari mana objek yang ingin kita foto mulai bergerak dan berhentinya di mana. Setelah anda tahu objek akan berjalan dari arah mana aturlah anda akan mengambil komposisi foto yang seperti apa.

2. Komposisikan objek

mengkomposisikan foto

Dalam menangkap objek yang bergerak kita bisa mempraktekkan beberapa komposisi, seperti rule of third, atau komposisi diagonal.

Misalnya komposisi rule of third, di sini kita bisa menempatkan objek pada salah satu titik fokus.

3. Berikan spasi yang kosong

Saat anda memotret, tadi anda sudah tahu arah objek foto kita. Kemudian berikan spasi yang kosong lebih banyak ke arah mana si objek akan bergerak.

orang yang sedang berlari kenjang sekuat tenaga sebelum matahari tenggelam

Spasi yang kosong gunanya untuk menuntun mata orang yang melihat foto kita mengenai apa yang ingin kita ceritakan, apa yang terjadi pada gambar yang diam tersebut.

Akhir kata

Belajar memotret objek yang sedang bergerak tidaklah sulit, hanya perlu kejelian dalam melihat objek.

Tips di atas bukan hanya berlaku pada objek yang memperlihatkan orang. Benda mati juga bisa.

Misalnya anda memotret lift yang sedang bergerak dari bawah ke atas, atau dari atas ke bawah, mobil yang melaju dari dekat anda menuju ke jalanan jauh di depan anda, pesawat yang sedang terbang, dan lain sebagainya.

Pada intinya untuk membuat foto yang lebih keren mengenai objek yang bergerak hanya perlu memperhatikan “spase kosong” sebagai area yang akan dituju oleh si objek foto kita.

Sehingga anda tidak perlu bercerita panjang lebar mengenai apa apa yang sedang terjadi. Kata orang dulu foto itu akan bercerita.

Sekian.

Leave a Comment