Tips Membuat Foto Portrait yang Keren

Tips membuat foto portrait yang keren

Jago foto – Orang selalu menjadi objek yang menarik untuk difoto. Tidak sedikit orang yang suka difoto, terutama cewek-cewek. Pasti senang kalau punya foto yang cantik dan keren.

Mungkin di antara anda ingin punya foto yang bagus. Baik itu dari hasil foto sendiri maupun difoto sama teman atau orang lain. Lalu tidak sedikit yang sengaja datang ke studio foto hanya untuk mendapatkan foto yang menarik.

tips-membuat-foto-potrait-keren cewek cantik dan dibelakangnya ada matahari

Dengan memanfaatkan kamera hp pun anda bisa membuat foto portrait anda sendiri dengan bagus. Anda hanya butuh triknya supaya foto itu dapat terlihat lebih keren.

Sebelum masuk jauh, yuk cari tahu dulu apa sih foto potrait itu.

Apa itu foto portrait

apa itu foto portrait

Menurut wikipedia fotografi potrait itu adalah foto seseorang atau sekelompok orang yang menangkap kepribadian subjek dengan menggunakan pencahayaan, latar belakang, dan pose yang efektif.

Membuat foto potrait itu tidak sama seperti foto 3×4 yang ditempel di ijazah. Pada foto potrait yang kita bicarakan di sini orang yang ada di dalamnya tampak lebih artistik, lebih modis, lebih cantik, enak dipandanglah.

Foto potrait biasanya dipajang di rumah, di kantor, dijadikan foto profile facebook, atau diberikan kepada sang kekasih. Karena hasilnya terlihat lebih elegan.

Cara membuat foto portrait yang keren

Berikut tips singkat cara membuat foto potrait supaya tampak lebih keren.

1. Komposisi

Dalam mengkomposisikan foto potrait perhatikan mata. Anda bisa pakai komposisi yang padat atau lebih lebar. Gunakan komposisi rule of third.

foto potrait cowok hitam putih keren

Jika komposisi yang anda gunakan padat, tempatkan mata tepat di atas garis pemutus rule of third. 1/3 bagian atas garis.

2. Foto potrait biasanya dibuat dalam mode vertikal/portrait

Namanya juga foto potrait. Pasang kamera tegak lurus, jangan dibuat miring. Tetapi tidak menutup kemungkinan anda membuatnya menjadi landscape. Untuk menyesuaikan dengan benda yang menjadi karakter si orang tersebut.

tips-membuat-foto-potrait-keren pemain harpa cantik

3. Manfaatkaan gestur tubuh

gestur foto potrait cewek

Selama pemotretan anda bisa meminta orang yang difoto untuk menunjukkan hal apa yang menjadi kesehariannya. Misalnya dia adalah berprofesi sebagai pembawa berita, mintalah berpose yang gagah, dan tegas sebagaimana dalam pembawaannya.

Atau anda menemukan orang tua, biarkan saja apa adanya, mungkin saja orang tua tersebut bisa memberikan mood yang lebih natural. Secara kebanyakan orang tua sudah tidak bisa aktif lagi dalam beraktivitas.

4. Manfaatkan ekspresi

ekspresi depan kamera pria

Model atau orang yang difoto bisa duduk diam atau berekspresi yang senang atau ceria. Tapi pastikan matanya selalu fokus. Meskipun tidak melihat langsung ke kamera.

5. Pilih pencahayaan yang tepat

pencahayaan foto keren

Pencahayaan yang tepat bukan berarti harus dilakukan di dalam studio dengan lighting yang banyak. Dengan menggunakan cahaya dari jendela di kamar juga bisa. Istilahnya side light. Cahaya dari samping. Ini akan memberikan efek yang lebih dramatis terhadap foto potrait anda.

6. Pilih lokasi background yang tidak ramai

simple background foto portrait keren

Ini sangat penting. Jangan biarkan objek lain mengganggu abjek orang yang difoto. Jangan masukkan benda-benda yang tidak ada kaitannya.

7. Pada umumnya foto potrait diambil dari atas kepala sampai ke dada atau di pinggang saja.

foto potrait ibu-ibu tampak profesional

Akhir kata

Akhirnya anda sudah mendapatkan tips membuat foto potrait. Hal di atas bisa anda praktekkan jika ada yang meminta untuk difoto.

Yang perlu diingat adalah dengan membuat foto potrait kita tidak hanya mengambil moment orang pada saat itu juga, tetapi kelak foto yang dihasilkan akan menceritakan tentang apa yang pernah diakukan / dialami oleh orang yang ada dalam foto tersebut. Foto potrait pun menjadi abadi.

Anda bisa latihan sendiri di kamar, cukup gunakan kamera hp lalu bikin foto potrait anda sendiri.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *