3 Tips Fotografi dengan Menggunakan Kamera Standar

3 Tips Fotografi dengan Menggunakan Kamera Standar

Tips memotret dengan kamera standar dan alat sederhana (lensa kit)

Jago Foto – Terkadang orang bertanya bagaimana membuat foto yang bagus menggunakan alat seadanya seperti saat menggunakan kamera handphone.

Untuk menjawab pertanyaan itu fotografer harus memperhatikan 3 hal berikut dalam belajar fotografi yaitu perhatikan arah cahaya, komposisi foto dan kemampuan editing foto.

Dengan menguasai ketiga hal ini maka foto kamu setingkat akan lebih baik.

1. Arah cahaya

Jika kamu ingin mendapatkan foto yang bagus menggunakan alat yang tidak canggih, maka kamu harus memaksimalkan dari mata kamu sendiri terlebih dahulu.

Kamu harus pandai melihat moment dan arah cahaya. Penentuan arah cahaya yang benar akan memberikan dimensi pada foto kamu.

Jika kamu tidak memperhatikan arah cahaya, maka hasil foto menjadi biasa-biasa saja.

Arah cahaya yang tepat akan membuat subjek foto menjadi dramatis sehingga hasil foto menjadi memukau.

memotret perahu di pagi hari dengan kamera standar
foto by @rafi_45
Contoh :: pada foto ini di atas saya memperlihatkan kapal-kapal yang sedang menepi.Saya mengambilnya dari arah samping, sebab arah cahaya datang dari belakang kapal. Sehingga cahaya matahari dapat mengenai sisi kapal di sisi sampingnya.

Jika saya mengambilnya dari depan kalan itu mungkin yang nampak adalah siluet dari kapal itu, maka saya memilih untuk mengambil gambarnya dari samping saja.

2. Objek Foto

Kamu mesti pandai-pandai melihat objek. Jika kamu memotret sampah, maka yang terlihat adalah sampah.

Lihat objek itu sebagai sesuatu yang memiliki keunikan, keindahan. Sekali lagi mata kita dilatih disini.

Untuk itu latihlah mata untuk mengkomposisikan gambar dengan baik. Dengan komposisi foto yang baik maka orang pun akan melihat foto kamu sebagai sebuah foto yang memiliki cerita.

Perhatikan mulai dari foreground sampai backgroundnya. Jika objek itu menarik maka mainkanlah komposisi dengan baik. Kamu bisa memulai dengan komposisi rule of third.

Pentingnya komposisi ini sangat menentukan terlebih jika kamera kamu tidak canggih-canggih amat. Maka perkuatlah foto dari segi komposisinya.

foto perahu landscape difoto menggunakan kamera standar
foto by @rafi_45
Contoh :: pada foto sederhana di atas, saya mengkomposisikan sebuah kapal yang tengah sandar di sebuah dermaga di kala pagi hari.Pada bagian depan sana nampak juga beberapa kapal yang masih bersandar. Sedang cahaya matahari baru muncul dengan lembut dari sebelah timur.

Ini menunjukkan bahwa saya ingin bercerita tentang keadaan pelabuhan yang masih tenang di pagi hari. Saking tenangnya sampai laut itu memantulkan refleksi dari kapal-kapal itu.

3. Maksimalkan dengan edit foto

Terakhir untuk memaksimalkan foto dari alat seadanya yang kamu miliki, kamu mesti belajar edit foto.

Sebab terkadang hasil kamera dari handphone terasa masih ada kurangnya, maka setidaknya kamu harus belajar edit foto.

Editing foto yang saya maksud adalah dengan meningkatkan ketajaman gambar, memperbaiki kontras, saturasi warna, distorsi pada foto dan lain-lain.

Dengan demikian hasil foto yang didapatkan akan setingkat lebih baik. Bahkan kalau kamu bisa bisa menjadi advance kamu bisa menggunakan tool software editing foto dengan melakukan editing foto secara composite/menggabungkan banyak foto sehingga membentuk satu cerita.

Pada umumnya orang bisa mengedit foto dengan menggunakan software seperti photoshop atau lightroom.

Software itu sangat powerful untuk membuat foto kamu menjadi lebih baik, kamu bisa mempelajarinya dengan mudah menggunakan tutorial dari youtube.

tips memotret dengan kamera standar
foto by @rafi_45
Contoh :: pada foto di atas saya melakukan edit foto sederhana. Pertama saya melakukan perbaikan terhadap flare yang muncul di dalam foto.Kemudian saya menggangkat shadow yang ada di bagian foreground, sehingga menjadi sedikit lebih terang.

Lalu saya menurunkan harsh dari cahaya matahari yang terlalu terang sehingga langit kuning bisa saya dapatkan.

Terakhir saya melakukan cropping terhadap foto sehingga foto ini menjadi nampak seperti foto panorama yang memberikan efek lebar.

Kesimpulan

Nah itu dia guys 3 hal penting yang harus diperhatikan untuk menjadikan foto lebih baik dengan menggunakan alat seadanya.

Dengan melatih ketiga hal di atas saya jamin foto kamu tidak kalah sama orang-orang yang menggunakan kamera canggih sekalipun.

Kalau artikel ini bagus buat kamu, silahkan bagikan juga ke teman-teman kamu. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment