Kelebihan dan Kekurangan Kamera Mirrorless

Kelebihan dan Kekurangan Kamera Mirrorless

Kelebihan dan kekurangan kamera mirrorless buat yang belajar fotografi

mrfdn – Kalau artikel sebelumnya membahas tentang kelebihan dan kekurangan menggunakan kamera dslr. Ada baiknya saya membuat juga artikel tentang kamera mirrorless.

Kamera sekarang sudah bukan lagi menjadi barang langka.

Kalo dulu, kan orang kalau mau foto harus capek capek pergi beli roll dulu, terus kutip nya hanya 36 saja, abis itu ke lab foto buat dicuci fotonya.

Sekarang rasanya lebih mudah, semua foto bisa disimpan dalam bentuk file digital. Kapanpun dan dinamapun foto-foto bisa diakses, melalui komputer maupun smartphone.

Nah seiring waktu, kamera juga mengalami evolusi. Sekarang menjamur produsen kamera membuat kamera dengan tanpa penggunaan cermin pantul pada body nya. Sebagaimana kita tahu bahwa cermin pantul gunanya untuk membantu kita melihat gambar di balik viewfinder.

Sekarang kamera dibuat dengan memangkas fitur itu. Hasilnya terciptalah kamera mirrorless digital.

kamera mirrorless

Cara kerjanya cahaya masuk dalam body melalui lensa, kemudian diteruskan ke sensor.

Sensor akan menampilkan gambar ke layar lcd kamera mirrorless kemudian setiap waktu fotografer bisa menekan tombol shutter kapanpun dia mau.

Apa yang terlihat di layar lcd maka itu yang akan tampil sebagai hasil akhir dari foto yang akan kita dapatkan.

kelebihan-dan-kekurangan-kamera-mirrorless

Anda sedang pakai kamera dslr atau mirrorless. Jika belum menggunakan kamera mirrorless, berikut penjelasan saya tentang kelebihan dan kekurangan kamera mirrorless.

1. Kelebihan kamera mirrorless

– Kamera mirrorless enteng. Sangat mudah dibawa ke mana-mana. Banyak yang memilih kamera mirrorless untuk keperluan foto sehari-hari, atau jalan-jalan.

Bagi anda yang suka jalan-jalan tanpa mesti ribet, saya menyarankan membeli kamera mirrorless.

Salah satu rekomendasi saya adalah Sony A6000. Ini sudah lebih dari cukup. Sebuah kamera buatan sony bisa diandalkan di segala kondisi. Anda bisa mencobanya sendiri.

– Kamera mirrorless kompatibel dengan banyak lensa dan aksesoris. Baik dari lensa dari merek yang sama dengan body kamera, juga lensa-lensa yang tidak sama.

Seperti misalnya anda ingin menggunakan lensa canon anda di body kamera sony mirrorless.

Anda tinggal membeli sebuah adapter lalu lensa canon anda bisa ditancapkan dan berfungsi layaknya kamera canon.

kelebihan-dan-kekurangan-kamera-mirrorless

Adapter lain yang bisa anda pilih adalah adapter yang namanya lens turbo. Lens turbo biasanya disandingkan dengan lensa manual dan body mirrorless apsc.

Karena tipe body apsc yang kecil dengan lens turbo akan menjadikan foto menjadi terlihat seperti kamera full frame. Saya menggunakan lens turbo pada body kamera sony a3000 saya. 🙂

– Kamera mirrorless bisa dicharge di mana saja. Ini hal yang sangat saya sukai dari kamera mirrorless. Ketika saya hendak bepergian hunting, baterai kadang drop.

Dengan fitur ini, baterai kamera mirrorless saya bisa charge di mobil hanya dengan menggunakan colokan micro usb yang terdapat pada body, sama seperti port micro usb handphone android saya.

Jadinya baterai jadi terisi penuh kembali.

Ukuran kecil dan modelnya yang unik. Menjadikan kamera mirrorless trendy dan mudah dibawa ke mana saja.

– Hasil foto tidak kalah bagusnya dengan kamera DSLR. Sebab, sekarang kamera mirrorless sudah tidak lagi APSC, tetapi sudah ada yang full frame, contohnya Sony A7 series.

Cara setting kamera mirrorless pun tidak susah. Hanya butuh pembiasaan saja.

2. Kekurangan kamera mirrorless

Baterai cepat lowbat. Yap tidak bisa dipungkiri, memotret dengan kamera mirrorless lebih boros dibandingkan kamera dslr. Pasalnya sensor terus menyala untuk merekam gambar lalu menampilkannya pada layar lcd. Kalau anda senang memotret dalam waktu yang lama, hendaknya membeli baterai cadangan.

Butuh perawatan khusus. Maksudnya meskipun kamera jenis ini kecil dan sangat ringan, berhati-hatilah ketika menggunakannya. Usahakan jangan terlalu banyak mendapatkan goncangan, karena ini akan berpengaruh terhadap kamera itu sendiri. Selalu gunakan tas kamera untuk menyimpan kamera.

Aksesoris dan lensa standarnya masih sedikit dan harganya mahal. Namun jika anda mau murah, silahkan gunakan lensa manual, tinggal membelikan adapter untuk menggunakan lensa manual yang dimiliki.

Akhir kata

Itu dia kelebihan dan kekurangan kamera mirrorless. Semoga artikel ini bermanfaat baik bagi yang sudah pengalaman pakai kamera, maupun yang baru ingin membeli kamera.

Leave a Comment