Kelebihan dan Kekurangan Kamera DSLR

Kelebihan dan Kekurangan Kamera DSLR

Kelebihan dan kekurangan kamera DSLR bagi fotografer pemula

JagoFoto – Kamera dslr didesain untuk kebutuhan pekerjaan profesional. Jaman sekarang dengan semakin canggihnya teknologi, dan semakin banyaknya pula orang yang ingin ber-dslr, produsen kamera membuat beberapa tipe kamera dslr. Mulai yang tipe apsc dengan low end camera, semi pro, sampai level profesional.

Semakin tinggi level kamera dslr, semakin mahal pula harganya.

Bagi pemula yang baru ingin menggunakan dslr, saya pribadi menyarankan membeli yang tipe biasa saja. Kalau ada duit banyak sih beli yang tipe semi pro.

kamera dslr
kamera digital single lens reflect

Berikut kelebihan dan kekurangan dari kamera DSLR.

1. Kelebihan kamera DSLR

– Kamera dslr bisa menghasilkan gambar yang lebih tajam daripada kamera prosumer atau kamera digital biasa, atau kamera handphone. Mengapa? Karena selain sensor yang digunakan lebih besar, juga dukungan lensa yang bagus, pasti akan menghasilkan foto yang lebih bagus pula..

– Kamera dslr lebih tahan lama daripada kamera lainnya. Baik dari segi ketahanan baterai sampai pada ketahanan performa di lapangan. Itu sebabnya kamera dslr digunakan oleh para jurnalis untuk meliput berita. Dengan kamera dslr yang bagus, kita bisa melihat hasil foto yang mengagumkan dari majalan atau koran yang terbit setiap harinya.

– Kamera dslr memiliki banyak pilihan lensa dan aksesoris kamera. Anda tidak perlu khawatir jika ingin gonta ganti lensa. Kamera dslr dari dulu sampai sekarang terkenal dengan banyaknya pilihan lensa. Contohnya, kamera Nikon yang mounting lensanya bisa digunakan di hampir semua jajaran kamera nikon, baik yang lama maupun kamera terbarunya. Nikon masih belum mengubah mounting lensanya dengan mount f. Sehingga lensa manual jaman dulu masih bisa digunakan pada kamera nikon terbaru.

– Menggunakan kamera dslr sensasinya berbeda dengan ketika menggunakan kamera mirrorless. Dimana pada kamera mirrorless kita terus melihat gambar melalui layar lcd. Pada kamera dslr, foto dibidik dengan melihat langsung ke viewfinder yang dibuat dari cermin prisma. Sehingga sensasinya amat berbeda, lebih asyik.

– Kamera dslr bisa menjadikan anda lebih ganteng. Ketika membawanya jalan-jalan. Anda seperti seorang yang keren, menenteng kamera. Hehehe.. Ada semacam aksesoris yang dipakai sehingga sedikit mengangkat rasa percaya diri. Hehehe..

kelebihan dan kekurangan kamera dslr

2. Kekurangan kamera DSLR

– Kamera dslr berat. Tidak bisa dipungkiri bahwa kamera dslr memiliki bobot sedikit lebih berat daripada kamera mirrorless, prosumer, atau kamera digital lainnya. Terlebih kamera yang digunakan oleh para jurnalis foto. Wah, beratnya minta ampun. Jika anda tidak suka mengangkat benda yang berat-berat mendingan tidak usah membeli kamera dslr.

– Kamera dslr ribet ketika dibawa ke mana-mana. Dengan ukuran body yang lebih besar daripada kamera mirrorless, kamera dslr sedikit memakan tempat. Terlebih jika ditambah dengan pemakaian lensa yang besar dan panjang, maka hasilnya akan sangat berat dan ribet membawanya ke mana-mana.

– Kamera dslr berisik. Jika anda memotret di tempat yang harus tenang, menggunakan kamera dslr pastilah sangat mengganggu. Dengan suara jepretan yang lebih besar membuat orang langsung melihat anda dengan sinis. Tapi kalau anda tidak masalah dengan ini, ya lanjut saja.

– Kamera dslr butuh perawatan lebih. Dengan lebih seringnya dipakai di lapangan, maka perhatikan kebersihan dari lensa dan kamera anda. Selalu perhatikan hal ini sebab terkadang debu dan kotoran masuk ke sensor dan membuat gambar jadi kotor.

kelebihan dan kekurangan kamera dslr

Akhir kata

Demikian artikel ini, jadi anda bisa melihat ternyata terdapat lebih banyak kelebihan daripada kekurangannya.

Jika anda hendak membeli kamera dslr, semoga poin-poin di atas bisa sedikit membantu anda.

Leave a Comment