Panduan Memilih Kamera untuk Pemula

Panduan Memilih Kamera untuk Pemula

Beberapa hal dalam memilih kamera untuk pemula

Jago foto – Tahun 2019 kamera dslr dan mirrorless sepertinya sudah tidak begitu diminati.

Kenapa saya bilang begitu?

Karena sekarang teknologi yang ada di hp sudah sangat bagus. Lihat saja kamera seperti huawei P30 yang bisa menghasilkan gambar dengan kualitas yang sangat bagus.

Untuk belajar fotografi pun sepertinya kurang begitu diminati lagi. Yang ada malah orang banyak pamer hasil foto di instagram dan facebook. It’s okay.
Hanya saja masih ada orang yang ingin beli kamera. Entah itu karena kebutuhan profesional, atau sekedar ingin mencoba masuk ke dunia fotografi.

Pemula hanya butuh kamera untuk belajar fotografi. Latihan komposisi fotografi, memilih angle foto, dan mengetahui settingan dan fungsi dasar kamera seperti setting exposure.

Untuk itu saya akan memberikan tips memilih kamera untuk pemula.

memilih-kamera-untuk-pemula

1. Sesuaikan budget yang dimiliki

Kalau kamu punya uang maksimal 5 juta, mungkin kamu hanya akan mendapatkan kamera apsc dslr.

Kalau budget maksimal 10 juta, kamu bisa memilih mirrorless atau dslr.

2. DSLR vs Mirrorless

Kamera dslr ada banyak macamnya, dan yang terkenal di indonesia hanya nikon dan canon. Memilih kamera dslr akan membuat kamu untuk explore banyak fitur kamera daripada gaya-gayaan. Kamu juga tampil lebih profesional karena ukurannya yang sedikit lebih besar daripada kamera mirrorless.

Kamera mirrorless ukuranya cukup kecil. Alasan memilih kamera mirrorless untuk pertama kali adalah karena kamu tidak suka ribet.

Banyak fitur dari kamera mirrorless yang memudahkan bagi pengguna. Contohnya seperti fitur exposure yang ada di viewfinder. Kamu bisa langsung melihat exposure foto yang akan dihasilkan melalui view finder sebelum menekan tombol shutter.

Rekomendasi kamera mirrorless untuk pemula seperti:

1. Sony A6000
2. Eos M50
3. Fujifilm x-t100

3. Full frame vs APSC

Memilih kamera full frame untuk pemula juga merupakan langkah yang bagus. Tapi butuh budget yang cukup extra. Untuk mendapatkan kamera full frame, mungkin kamu harus punya dana di atas 10 juta.

Jika memang berniat untuk memiliki kamera full frame dengan budget terbatas, boleh memilih kamera bekas / second hand.

Contohnya 5d mark 2 atau sony a7 mark 1.

Kelebihan full frame terletak dari besar sensornya. Kamera full frame punya ukuran sensor yang lebih besar daripada kamera apsc. Sehingga lebar gambar/foto yang dihasilkan lebih besar.

Rekomendasi kamera apsc untuk pemula seperti :

1. Nikon D3400
2. Canon 1500D

Akhir kata

Demikian tips memilih kamera untuk pemula. Sebenarnya apapun kamera yang kamu miliki baik itu apsc, full frame, mirrorless, yang menentukan adalah hasilnya.

Semakin sering latihan untuk membuat foto maka kamu pasti akan mudah menghasilkan gambar yang keren-keren.

Leave a Comment