kamera dslr terbaik saat ini

10 Rekomendasi Kamera DSLR Terbaik untuk Pemula dan Profesional

JagoFoto – Kamera dslr merupakan kamera yang diperuntukkan bagi kalangan pemula sampai professional.

Meskipun perkembangan trend kamera mirrorless sangat pesat, orang masih banyak yang mencari kamera dslr. Produsen kamera pun masih terus menciptakan berbagai tipe kamera dslr.

Ada 3 jenis tipe kamera dslr yang biasa ditemui di pasaran. Tipe-tipe kamera tersebut dapat dibedakan dari tipe low end camera, semi pro, sampai level profesional.

Selain hal tersebut kamera dslr pun bisa dilihat dari ukuran sensornya, mulai dari 4/3, apsc, dan full frame.

Dari berbagai tipe kamera dslr, tentu ada banyak sekali pilihan bagi para konsumen.

kamera dslr terbaik saat ini

Dan ujung-ujungnya yang dibeli adalah yang sesuai dengan kebutuhan dan budget.

Untuk itu saya memiliki beberapa rekomendasi kamera dslr terbaik yang bisa anda beli di tahun ini.

Rekomendasi kamera dslr terbaik untuk pemula

Yang dibutuhkan oleh seorang fotografer pemula hanyalah kamera yang bisa dioperasikan dengan mudah.

Berikut beberapa kamera yang rekomended buat pemula

Canon eos 1300d

Sangat mudah digunakan untuk para pemula. Banyak fotografer yang memulai motret dengan kamera canon karena setting kamera yang mudah.

Tetapi seiring waktu, kemampuan sudah bertambah, jam terbang untuk motret jadi lebih tinggi, maka mereka mengganti kamera ini dengan kamera yang bisa memenuhi kebutuhannya.

Kamera ini sangat cocok untuk pemula yang ingin belajar fotografi dasar, mengenal fungsi kamera dan cara kerja kamera.

Dengan harga yang murah, yaitu sekitar 5 jutaan dan bisa didapatkan dengan harga second sekitar 3 sampai 4 jutaan maka kamera ini layak untuk dipertimbangkan

Nikon d5200

Sama seperti canon eos 1300, kalau ini kamera entry level buatan nikon.

Ada fitur yang membedakan antara kedua kamera tersebut, yaitu kamera nikon 5200 layarnya bisa diputar, sehingga bisa digunakan untuk selfie. Atau untuk mengambil gambar dari angle kamera yang sulit dijangkau dengan lebih mudah.

Banyak yang bilang kekurangan kamera nikon itu sulit digunakan. Tetapi menurut saya, malah lebih mudah.

Kamera pertama saya adalah nikon, dan saya lebih memahami sistem nikon daripada canon. Saat saya menggunakan kamera canon, saya malah bingung mengoperasikan setiap tombolnya.

Jadi untuk hal tersebut tidak masalah sama sekali. Ditambah makin banyak tutorial di youtube tentang cara mengoperasikan kamera, saya rasa jaman sekarang kita tidak lagi kesulitan untuk mengoperasikan sebuah kamera.

Mengenai kesulitan dan kemudahan mengoperasikan tiap merk kamera, itu bergantung pada kebiasaan saja.

Nikon d3400

Meskipun masih memiliki sensor apsc, kelebihan kamera nikon ini adalah memiliki resolusi 24 mega pixel.

Resolusi yang besar memungkinkan kita untuk memiliki ukuran foto yang sangat besar.

Resolusi kamera yang umum digunakan saat ini adalah 16 megapixel. Dengan resolusi 24 mp, kita bisa menghasilkan foto yang lebih besar. Sangat cocok digunakan untuk membuat foto keluarga yang dicetak besar.

Canon eos 200d

Varian kamera ini memiliki tampilan yang retro, klasik. Cocok untuk anak muda yang ingin memiliki kamera dslr yang keren.

Jika dibawa jalan-jalan atau traveling juga sangat bagus karena ukuran body yang lumayan lebih kecil dari kamera dslr pada umumnya.

Untuk memaksimalkan kebutuhan tersebut, layar kamera ini bisa diputar. Jadi bisa digunakan untuk berselfie bersama teman-teman.

Nikon d610

Nikon d610 merupakan salah satu kamera dslr terbaik yang ditujukan bagi pemula yang ingin merasakan sensasi kamera pro.

Nikon d610 dibekali dengan sensor full frame dari nikon.

Untuk menghasilkan foto yang bagus dengan kamera ini, pastikan anda menggunakan lensa premium dari nikon.

Berbagai kondisi pemotretan juga bisa dilakukan. Kekurangannya hanya terdapat pada kurang cepat untuk memotret secara continue (fps rendah).

Tetapi hampir segala fitur kamera pro bisa anda dapatkan melalui kamera ini.

Nikon d90

Nikon d90 merupakan kamera semi pro yang sangat dipuja-puja di jamannya, yaitu sekitar tahun 2010 – 2014.

Kamera ini sangat bisa diandalkan untuk segala kondisi pemotretan. Waktu itu banyak teman-teman yang mulai terjun di dunia foto jurnalis menggunakan kamera ini.

Dengan modul bluetooth, foto yang ada di kamera bisa ditransfer langsung ke kamera atau media lain.

Kekurangan kamera ini cukup banyak seperti, kamera ini belum full frame, dan resolusi foto yang dihasilkan maksimal 12 megapixel.

Jika anda membeli kamera ini di tahun ini mungkin hanya akan mendapatkannya dengan kondisi second hand, tapi dengan harga yang sangat murah.

Saya memasukkan ini di rekomendasi terakhir karena kamera ini masih banyak yang cari, dan ternyata kemera ini nyaman untuk digenggam. Memang bodynya berat, tetapi anda dapat merasa seperti memegang kamera profesional terbaik.

Rekomendasi kamera dslr profesional terbaik

Untuk yang ingin terjun di dunia fotografi komersial profesional, spesifikasi kamera yang dibutuhkan tentu banyak.

Contohnya, kebutuhan untuk kamera yang memiliki resolusi yang tinggi, kemampuan fokus kamera yang cepat, kemudahan menggunakan kamera yang lebih baik, dan tentu hasil foto yang lebih tajam untuk kepuasa klien.

Maka tidak ada salahnya untuk melirik beberapa kamera berikut.

Nikon d750

Jika anda melihat merek kamera nikon dengan angka 3 digit, maka kamera tersebut termasuk di kategori kamera semi pro dan pro.

Kamera nikon d750 merupakan dslr terbaik yang bisa memenuhi segala kebutuhan fotografer profesional untuk membuat foto komersil.

Kamera ini sangat bagus digunakan untuk memotret di kondisi low light/ minim cahaya. Foto yang dihasilkan terbilang tajam meskipun berada di tempat gelap, berkat iso yang bisa dinaikkan lebih tinggi tanpa menimbulkan efek noise pada foto.

Berbagai mode foto bisa di setting secara custom untuk kebutuhan tertentu. Anda bisa setting kamera ini untuk mode foto yang sering anda gunakan, misalnya anda sering memotret landscape dengan settingan tertentu, maka anda tidak perlu melakukan setting ulang kamera saat berada di lokasi cukup putar dial kamera ke custom setting yang sudah anda set sebelumnya.

Jika kurang jelas, anda bisa baca buku petunjuk kamera ini.

Canon eos 6d mark ii

Canon 6d diciptakan sebagai pesaing berat nikon d750.

Keduanya sama-sama memiliki sensor full frame dan bisa menghasilkan foto yang tajam meskipun berada di kondisi low light/minim cahaya.

Kamera ini sangat direkomendasikan untuk yang ingin terjun di bidang wedding dan prewedding fotografi.

Dan dengan menggunakan lensa premium dari canon, anda bisa mendapatkan hasil foto yang sangat tajam dengan hasil yang memuaskan dan tanpa kehilangan satu moment berharga.

Banyak teman-teman saya yang bekerja sebagai fotografer wedding menggunakan kamera ini, dan setelah saya melihat hasilnya benar-benar bagus banget hasilnya.

Canon eos 7d mark ii

Canon 7d mark 2 baru hadir di pasaran setelah versi pertama 7d dikeluarkan canon. Banyak fotografer memilih kamera canon 7d karena terkenal dengan kemampuannya untuk merekam gambar yang baik.

Dengan bekal sensor cmos 20 mega pixel dan iso yang bisa dinaikkan sampai 16000, dan dengan sensor terbaru canon digic 6, eos 7d bisa menjadi salah satu pilihan terbaik.

Anda bisa memaksimalkan kamera ini dengan membeli berbagai aksesoris kamera canon sesuai dengan kebutuhan anda. Seperti lensa dan flash lighting kamera.

Pentax k-1

Buat yang cari kamera dengan sensor tajam dan tahan di segala medan, tidak ada salahnya melirik kamera pentax k-1 ini.

Kamera pentax sangat terkenal dengan ketahanannya untuk memotret di segala medan, baik itu di gurun, laut, darat, dan tentu bisa menghasilkan foto yang memukau.

Kekurangan yang bisa dirasakan ketika membeli kamera ini adalah aksesoris yang terbatas.

Di indonesia, mungkin anda akan sulit menemukan aksesoris tambahan seperti lensa, atau flash external untuk kamera pentax, kecuali anda menemukannya di toko tertentu.

Tips memilih kamera dslr terbaik

Sebelum membeli kamera dslr, pastikan anda sudah melakukan berbagai macam riset. Mulai dari tanya ke teman-teman terdekat, komunitas foto, atau mencari review di youtube.

Dan yang paling penting adalah sesuaikan dengan kebutuhan anda saat ini dan maksimalkan dengan budget yang anda miliki.

Ada 2 cara yang selanjutnya bisa anda lakukan yaitu membeli secara online dan offline atau di toko kamera yang ada di kota anda.

Dimana tempat beli kamera dslr terbaik dan murah?

Untuk membeli kamera sebenarnya tidak usah mencari tahu lebih banyak. Anda bisa memulai membuka beberapa toko online dari hp anda misalnya, buka lapak, tokopedia, lazada, blibli, shoope, dan lain-lain.

Tetapi sebelum membeli kamera via online, saya ingin kasi beberapa tips supaya tidak salah beli.

Pertama, saat anda sudah menentukan kamera apa yang ingin dibeli, coba periksa ketersediaan barang itu dengan menanyakan ketersediaan barang. Jangan sampai anda langsung mentransfer sejumlah uang ternyata barangnya kosong.

Kedua, lihat rating dan review yang diberikan oleh orang-orang yang sudah membeli di toko tersebut. Jika nilai bintangnya tinggi maka toko tersebut memang rekomended.

Ketiga, untuk yang ingin membeli via facebook marketplace, alangkah baiknya anda melakukan cod.

Apa itu cod?

Cod adalah singkatan dari cash on delivery, dimana antara penjual dan pembeli sama-sama bertemu untuk melihat barang, dan jika deal, pembeli akan membayar barang tersebut di tempat.

Tapi, jika anda sangat pemula di bidang kamera, tidak mengerti banyak hal tentang kamera, ajaklah teman anda yang lebih tahu tentang kamera. Dan mintalah untuk merekomendasikan kamera tersebut layak dibeli atau tidak.

Kesimpulan

Demikian penjelasan tentang tips dan rekomendasi kamera dslr terbaik yang bisa anda pertimbangkan sebelum membeli.

Dari kamera-kamera di atas, adakah yang sangat ingin anda miliki?

Apakah anda butuh kamera full frame atau apsc saja?

Lalu tentukan kebutuhan anda untuk apa anda membeli kamera tersebut.

Semoga anda memilih kamera dslr yang tepat yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Terima kasih sudah membaca artikel ini.


Leave a Comment