Perbedaan Foto yang Disengaja dengan Tidak Disengaja

Perbedaan Foto yang Disengaja dengan Tidak Disengaja

Sengaja kah kita memotret atau tidak?

Jago Foto – Memotret merupakan hobi yang menyenangkan. Terkadang ketika menemukan sesuatu yang menarik, tiba-tiba saja tangan merogoh kantong untuk mengambil handphone lalu jepret, jepret.

Sadarkah anda bahwa foto tersebut sengaja atau tidak sengaja anda ambil?

Mungkin sebagian besar orang mengatakan tidak sengaja, namun hal yang menarik adalah bahwa objek yang kita foto tersebut apakah benar-benar kita mengambilnya dengan baik.

Ketika sebuah foto diambil dengan baik, dengan kata lain diperhatikan komposisi nya, angle nya, arah cahayanya.. Itu merupakan foto yang sengaja kita ambil..

sengaja atau tidak kita membuat foto

Berbeda halnya dengan foto yang tidak sengaja kita bikin, foto dibuat tanpa dipikir-pikir dahulu. Ketika menemukan suatu objek, seketika saja diabadikan. Ada kan orang yang demikian!

Yah, mungkin mereka bukan ahli dalam memotret. Atau mungkin saja mereka memang ingin memotret objek tersebut tetapi tidak tahu komposisi, angle, arah cahaya dan sebagainya.

Sehingga pesan yang ingin disampaikan tidak dapat diterima dengan baik oleh orang.

Contohnya, anda baru membeli sebuah kamera. Kemudian mengetesnya, jepret sana sini.

Anda hanya ingin melihat bagaimana hasil dari kamera tersebut. Ketika melihat di layar, anda pun puas melihat hasilnya.

Apakah foto tersebut bisa dikatakan foto yang anda sengaja? Anda bisa menjawabnya sendiri. 

sengaja tes kamera baru
tidak sengaja mengambil foto karena hanya mengetes kamera
 

Dengan demikian, disini kita bisa melihat bahwa ada perbedaan dari foto yang disengaja dengan foto yang tidak disengaja. Perbedaannya antara lain yaitu ::

  1. Foto yang disengaja komposisi nya diatur dengan baik sehingga kelihatan rapih, sedangkan foto tidak disengaja hanya diambil seadanya saja.
  2. Foto yang disengaja memberikan suatu pesan, sedangkan foto tidak disengaja belum tentu memberikan pesan apa-apa.
  3. Sengaja atau tidaknya sebuah foto, itu yang tahu sebagian besar oleh si fotografer sendiri. Sedangkan orang yang melihat foto tersebut belum tentu mengetahui apa yang ingin disampaikan oleh si fotografer. 

Coba ingat kapan terakhir anda mengambil foto secara sengaja? Apakah foto yang anda buat tersebut benar-benar berarti buat anda atau orang lain?

Ketika sebuah objek dikomposisikan dengan baik, berarti objek tersebut berada dalam kuasa seorang fotografer. Dia akan menuruti apa saja yang diinginkan oleh fotografer.

foto model cantik duduk di kursi green screen background
foto yang disengaja

Ketika manusia dijadikan objek fotografi, maka benarlah kalimat di atas. Foto yang sengaja dibuat memang dibuat untuk menyampaikan suatu makna atau sebuah maksud.

Ini hanya opini saya pribadi.

Seeā€¦

Belajar fotografi

Leave a Comment