Type something and hit enter

Jago Foto - Untuk belajar fotografi mulai dari dasar anda tentu ada langkah-langkah yang harus dijalani. Salah satunya dengan mengikuti arahan dan aturan dalam fotografi itu sendiri.

Sebagai contoh, untuk membuat sebuah komposisi foto, biasanya kita mengikuti aturan rule of third. Dimana objek yang menjadi point of interest diletakkan di sepertiga bagian foto.
melanggar-aturan-fotografi-break-the-rule-photography

Ada kalanya anda pasti berpikir mengapa selalu mengikuti aturan tersebut? Mengapa tidak keluar dari situ? Kalau pertanyaan itu sudah sampai di benak anda artinya anda sudah mengetahui gaya anda, dan fotografi secara teknis.

Sejatinya aturan dibuat untuk diikuti. Ini adalah dasar sebelum melangkah ke tingkat yang lebih tinggi.

Ketika aturan diabaikan tanpa mengetahui tentang adanya aturan itu, anda mungkin tidak akan menghasilkan foto yang bagus.

Ada yang biasa bilang, mau bikin sesuatu yang out of the box, atau mau break the rule. Lah, sedangkan rule nya aja belum diketahui, box nya saja belum dimasuki. Gimana ceritanya!

Maka dari itulah, saat yang tepat untuk meninggalkan aturan adalah pada saat anda sudah mengerti dengan baik aturan tersebut. 

Anda mengetahui bahwa ada aturan seperti itu, kemudian anda praktekkan lalu menemukan hal-hal baru. Setelah itu anda ingin mencoba hal lain daripada itu. Ini yang disebut break the rule.

Peraturan dalam fotografi itu gunanya untuk membuat anda kreatif. Jangan juga terlalu terpaku pada satu aturan saja. Jika anda begitu anda tidak akan berkembang/kreatif.

Seiring waktu anda berfotografi, tetaplah memotret/belajar. Temukan hal-hal yang menurut anda menarik. Lalu jadikan itu style anda. Jika saat ini anda masih belajar fotografi, sebaiknya anda mengikuti saja aturan fotografi yang ada.
Kapan Harus Meninggalkan Aturan Dalam Fotografi

Belajar bisa dilakukan dengan meniru karya orang lain. Tetapi mengenai ini saya pikir anda tidak bisa seratus persen bisa melakukannya. Jika meniru adalah hal yang anda lakukan saya rasa itu tidak mungkin, sebab pasti anda punya selera foto anda sendiri. Anda pasti mau dikenal sebagai fotografer original kan!

Anda tidak bisa membiarkan diri anda menciptakan sesuatu yang persis dengan milik orang lain. Anda punya ego di dalam karya anda, meskipun hal itu hanya anda yang mampu bedakan.

Nah, aturan sejatinya akan membuat orang lebih kreatif. Jika anda menganggap aturan tidak mesti diikuti, kemudian ciptakanlah aturan anda sendiri. Sederhananya, bereksperimenlah!