Type something and hit enter

9 hal penting diperhatikan dalam membuat foto landscape

Jago foto - Anda ingin membuat foto landscape anda lebih keren? Sebenarnya gampang saja, anda bisa terus latihan dan latihan saja. Melakukan eksplorasi beberapa teknik dan angle dari tempat yang anda kunjungi.
tips-foto-landscape


Untuk memaksimalkan itu semua ada beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya hasil foto pemandangan anda lebih baik. Berikut tips yang perlu diperhatikan untuk membuat foto landscape lebih keren.

1. Kebersihan kamera dan lensa

Jika kamera bersih foto akan terlihat bersih dan tajam juga. Begitu pula lensa, jangan biarkan lensa kotor, atau kena debu. Sebelum memotret bersihkan dahulu lensa dan body kamera kita.

2. Kebersihan filter

Saat menggunakan filter dalam membuat foto landscape anda harus menjaga kebersihannya juga. Jika filter kotor, hasil foto landscape juga akan menjadi tidak tajam.

Ingat juga bahwa filter itu bisa tergores (filter gnd square). Simpan di tempat yang aman sehingga tetap terawat.

3. Buat foto yang lurus

Foto landscape biasa erat kaitannya dengan objek yang memiliki horizontal. Seperti garis pantai, usahakan selalu terlihat lurus. Kalau pada saat memotret hasilnya tidak lurus, periksa kembali melalui layar komputer anda.
tips-foto-landscape-keren

Garis horizon yang tidak lurus akan mengganggu penglihatan kita.

4. Komposisikan foto dengan baik

Pentingnya mengkomposisikan foto landscape lebih baik agar hasilnya lebih baik. Tempatkan objek dengan baik.

Jika ingin dapat hasil yang lain dari yang lain, eksplore angle yang berbeda.

Bisa juga dengan mengganti lensa dari ultra wide ke lensa tele misalnya.

5. Manfaatkan foreground yang menarik

Foreground pada sebuah foto landscape bisa berupa point of interest, bisa juga sebagai garis penuntun saja. Jika objek tersebut menarik, silahkan gunakan sebagai foreground foto anda.
tips-memotret-landscape-keren

6. Awali dengan menggunakan iso yang rendah

Agar foto landscape terhindar dari efek noise, gunakan iso yang rendah. Iso yang rendah antara iso 50 sampai iso 200. Dengan begitu foto akan kurang dari noise. Tetapi dengan perkembangan teknologi kamera sekarang iso kamera 2000 pun sudah bisa dihandle tergantung kamera yang digunakan.

7. Memotret dengan RAW

Penting sekali bagi anda untuk memiliki hasil foto landscape yang baik. Setting kamera untuk mengambil file gambar dengan mode raw.

Nanti anda akan bisa melakukan develop di komputer anda. Foto landscape anda pun jadi lebih berkualitas.

8. Objek pembanding

Kadang dalam memotret landscape kita butuh pembanding. Seperti contohnya anda memotret sebuah pemandangan air terjun. Anda ingin memperlihatkan seberapa tinggi atau seberapa besar air terjun tersebut.

Caranya, anda bisa memasukkan objek manusia ke dalam foto landscape anda. Hasilnya anda akan melihat perbandingan besar atau luas objek landscape yang kita foto.

9. Pilih waktu yang tepat

Terakhir anda harus tahu kapan waktu yang tepat untuk memotret landscape. Biasanya landscape senang memotret pada pagi hari atau sore hari. Di mana matahari berada pada goden hour dan blue hour.
tips-foto-landscape-pilih-waktu-yang-tepat

Saya senang memotret landscape pada pagi dan sore hari. Dengan menggunakan filter gnd saya mengabadikan matahari terbit dan terbenam.

Kalau sedang berada di daerah pantai, saya menggunakan filter nd untuk menciptakan efek slow speed.

Akhir kata

Demikian tips dalam menghasilkan foto landscape yang baik dan benar. Jika anda memanfaatkan tips ini, anda akan bisa menciptakan foto pemandangan yang keren.

Kalau anda punya tambahan, silahkan tambahkan pada bagian komentar di bawah ini. :)

0 comments

And please don't spam.