Type something and hit enter

Komposisi foto landscape

Jago foto - Mari belajar cara membuat foto landscape. Pertama-tama, setelah anda mengetahui apa itu foto landscape. Sekarang kita coba membuat komposisi foto landscape.

Untuk membuat foto landscape yang keren, sebenarnya tidak begitu sulit. Pemahaman mengenai komposisi merupakan hal yang penting. Karena alam di sekitar kita yang akan dijadikan subjek dan objek dalam foto kita.

Terdapat berbagai macam komposisi foto sebagaimana yang sudah pernah dijelaskan. Namun untuk penggunaannya pada foto landscape terdapat komposisi yang paling sering digunakan. Apa sajakah komposisi foto landscape tersebut?

1. Komposisi leading line


Ketika memasukkan leading lines ke dalam foto anda bisa memberikan dampak yang sangat besar, anda bisa membawa orang yang melihat foto anda merasa berada di sana.
komposisi foto landscape leading line
leading line dari sudut kiri bawah menuju ke pohon.


Leading lines biasanya dimulai dari satu titik di sudut frame menuju ke satu titik ke tengah foto anda yang menjadi objek utama atau focal poin dalam foto anda. Hal ini akan memberikan kedalaman yang sangat baik terhadap foto anda.

Jadi anda bisa menemukan leading line dengan mengganti angle kamera lebih rendah ke daratan.

Leading lines terbaik adalah leading lines curve. Seperti biasa ditemukan pada foto-foto air terjun. Dimana air yang mengalir di bawahmu, anda jadikan sebagai leading lines menuju ke ujung munculnya air terjun yang berada jauh di depan anda.

Secara natural mata akan mengikuti hal-hal yang berbentuk curve.

2. Komposisi rule of third

Merupakan komposisi yang paling sering digunakan. Pasalnya mata kita sudah sering melihat objek yang menarik. Lantas saat mencari lokasi untuk menempatkan tripod, kita begitu saja menempatkan objek pada sepertiga bagian frame foto kita.

3. Komposisi negative space

Ada kalanya leading lines tidak perlu digunakan, dalam suatu kondisi anda menemukan sebuah objek yang memiliki karakter begitu kuat, anda tinggal memainkan komposisi frontal dan menekan shutter.

Tempatkan objek itu tepat di tengah-tengah frame anda. Yang seperti itu tidak memerlukan lagi leading lines sebab memiliki karakter yang kuat.
komposisi foto landscape negative space
area kosong di sebelah kanan memberikan kesan sendiri pada pohon tersebut. area tersebut dinamakan negative space.

Isolasi objek dari sebuah pulau yang berada di tengah-tengah cuaca dingin, dengan menampilkan refleksi. Hanya itu saja, tetapi kesan yang diberikan sangat kuat.

Ini yang saya sebut sebagai isolasi objek. Objek utama tidak memerlukan pendukung untuk menjelaskan keberadaannya, dia sudah menjelaskan dirinya secara sangat kuat.

Tidak perlu ada foreground, atau elemen pemanis lainnya, sebab focal point tidak memiliki konteks, objek itu cukup mengisolasi dirinya sendiri saja.

Negative space itu berbicara mengenai pemanfaatan ruang kosong dalam komposisi foto. Ruang kosong tersebut bisa membuat objek utama lebih terisolasi, dan stand out.

4. Komposisi dead center

Caranya dengan menempatkan objek di tengah bagian foto. Syaratnya tidak ada objek lain yang mengganggu objek foto kita. Pastikan objek yang ingin difoto stand out daripada objek lainnya.
komposisi foto landscape dead center
komposisi dead center
 Anda bisa mengkomposisikan objek apa saja, entah itu matahari, pohon, batu, rumah, dan lain-lain.

5. Komposisi kedalaman (depth)

Anda bisa membuat foto terlihat tiga dimensi dengan memanfaatkan depth of field. Caranya tunjukkan objek yang ada paling dekat dengan kita, lalu tunjukkan juga objek yang berada jauh di depan kita.


Dengan begitu akan didapatkan efek kedalaman / kejauhan dari foto kita.

6. Komposisi framing

Anda juga bisa memanfaatkan teknik framing. Objek alam yang begitu banyak yang bisa dieksplore. Namun kadang tidak terlihat oleh mata dan tidak terpikirkan untuk membuat komposisi dengan framing.

Anda bisa menggunakan framing dari pohon dengan objek yang ada di bawahnya. Atau dari dalam goa, dengan objek yang di luarnya, dan lain-lain sebagainya.

Tips membuat komposisi foto landscape keren

Berikut tips dalam mengkomposisikan sebuah foto landscape supaya hasilnya lebih keren.

1. Cari objek menurut anda menarik

Tanya ke diri sendiri mengapa anda ingin memotret objek tersebut? Apakah objek tersebut benar-benar menarik?

2. Cari posisi yang tepat sebelum memotret

Jangan langsung mengambil gambar pada satu posisi. Lakukan beberapa eksplorasi tempat di sekitar sampai didapatkan tempat untuk mengambil gambar yang enak dilihat dan tentunya aman bagi anda sendiri.

3. Manfaatkan garis

Tarik garis dari salah satu sudut foto. Garis tersebut bisa menuntun objek yang anda foto ke satu titik. Istilahnya leading line.

4. Lebih dekat dengan foreground

Jika anda menggunakan lensa ultra wide, anda bisa lebih dekat dengan foreground. Manfaatkan objek yang berada di depan sebagai foreground. Itu akan menjadi cerita dalam foto anda.

Biasanya foreground juga digunakan sebagai point of intereset dalam sebuah foto.

5. Membuat foto landscape tidak melulu harus pakai lensa ultra wide

Jangan batasi diri untuk tidak membuat foto landscape hanya karena anda hanya punya lensa kit. Lensa kit itu bagus. Anda hanya perlu berlatih untuk komposisi foto. Banyak fotografer yang menggunakan lensa tele 70-200 untuk membuat foto landscape yang keren dan hasilnya benar-benar keren. 

Akhir kata

Demikian tips membuat komposisi untuk foto landscape.

Hal yang lebih penting dari semua di atas adalah terus berlatih. Dengan begitu anda bisa eksplore lebih jauh mengenai komposisi. Poin-poin di atas hanyalah sebagian kecil dari banyak hal yang bisa didapatkan. Semoga bermanfaat.

0 comments

And please don't spam.