Type something and hit enter

Apa perbedaan photo dan image

Jago Foto - Membahas foto bagi orang awam tidak ada habisnya. Mereka yang ingin benar-benar memahami fotografi akan terus belajar dan belajar.

Ada hal yang menarik mengenai photo dan image.

Suatu hari saya berbincang dengan teman saya yang kebetulan lebih paham mengenai fotografi. Dia menanyakan kepada saya apa perbedaan antara photo dan image?

Spontan saya menjawab sama saja. Foto itu image.

Kemudian dia memberikan pendapatnya, katanya

Foto itu yang kita ambil pertama kali di kamera. Sedangkan image yang kita ingin tampilkan. Maksudnya, jika foto yang sudah kita ambil kemudian diedit lagi, itu hasilnya adalah bukan foto lagi, tetapi merupakan sebuah image.

Apakah anda percaya? awalnya saya juga tidak percaya.

Pengertian photo dan image menurut wikipedia

Mari simak pengertian dari wikipedia, katanya

Photo (juga dikenal sebagai foto) adalah image/gambar yang dibuat oleh cahaya yang jatuh pada permukaan yang peka terhadap cahaya, biasanya film fotografi atau sensor gambar elektronik, seperti CCD atau chip CMOS. Sebagian besar foto dibuat menggunakan kamera, yang menggunakan lensa untuk memfokuskan panjang gelombang cahaya pemandangan ke dalam reproduksi apa yang akan dilihat mata manusia. Proses dan praktik pembuatan gambar semacam itu disebut fotografi.

Image/gambar (dari bahasa latin: imago) adalah artefak yang menggambarkan persepsi visual, seperti foto atau gambar dua dimensi lainnya, yang menyerupai subjek — biasanya objek fisik — dan dengan demikian memberikan penggambarannya. Dalam konteks pemrosesan sinyal, gambar adalah amplitudo warna yang didistribusikan.

Bisa dilihat perbedaan dari kedua hal di atas. Jadi benar saja kata teman saya, photo dan image itu berbeda. Foto itu apa yang kita potret dari pertama kali, sedangkan image adalah hasil visualisasi tentang apa yang ingin kita sampaikan dalam bentuk foto.


Di dalam image, terdapat semua konsep foto kita yang sudah terealisasi.

Pada saat sebelum membuat foto, kita tentu memikirkan apa yang ingin kita buat. Kemudian dilakukan eksekusi, nanti final image yang sudah sesuai dengan keinginan kita dinamakan sebuah image.

Kita tentu jarang atau tidak pernah mendengar istilah final photo kan, yang ada final image.

Ketika mengikuti lomba foto seperti lomba foto on the spot, yang tidak memperbolehkan pesertanya melakukan editing foto apapun, itu bisa dikatakan final photo. Sedangkan ketika lomba foto dilakukan dengan ada unsur editing nya maka bisa dikatakan yang diperlombakan adalah final image.

Tetapi, jujur bagi saya ini merupakan hal yang masih dilematis. Karena begitu tipis perbedaan antara keduanya yang bisa diberikan toleransi terhadap itu. Ketika foto diedit, maka hasilnya masih bisa dikatakan sebuah foto, kita tidak mengatakan itu adalah image.

Contoh photo dan image

perbedaan photo dan image
Contoh photo. Foto ini saya ambil saat hunting foto street.
perbedaan photo dan image
Foto ini kemudian menjadi final image saya. Di visualisasi saya memikirkan untuk membuat foto seperti ini. Jadi foto tersebut saya putar 180 derajat lalu melakukan sedikit crop.

Tulisan ini hanya untuk mengingatkan saya bahwa photo dan image itu berbeda. Tidak ada dikte kepada anda untuk mengikuti hal ini. Suatu hari ketika saya sudah memahami hal ini lebih lanjut maka pasti tulisan ini akan lebih baik.

Dan jika anda mengerti mengenai foto tolong beritahu saya perbedaannya melalui kolom komentar di bawah. 


Mari lanjut berkarya saja.

0 comments

And please don't spam.